INFO KULIAH

MASA DPEN DIMULAI DARI SEKARANG

INFO UMB n’ SMPTN

Konsep dasar tes seleksi masuk PTN

Catatan:
Tips ini bisa juga didengerin versi mp3nya di zeniusxpedia.com/tipsdansoal

Halo, nama gue sabda, dulu gue kuliah di informatika ITB, di Zenius Xpedia ini gue yang bakal jadi mentor dan guide elo supaya elo bisa tembus ke jurusan dan PTN yang elo tuju baik lewat jalur SNMPTN atau lewat jalur Ujian mandiri di tiap-tiap universitas.

Tiap minggu hampir pasti gue bakal kasih elo tips2x dan strategi2x yang gue harap bisa bener-bener ngebantu elo untuk ngewujudin cita-cita loe untuk masuk jurusan dan PTN impian loe.

Nah, untuk kali ini gue mau jelasin dulu konsep dasar tes seleksi masuk dan apa bedanya sama tes-tes lain yang pernah atau akan elo jalanin seperti tes blok, ulangan harian, atau UN.

Kenapa gue mesti ngejelasin ini dulu?? Karena konsepnya beda banget, jadi butuh strategi yang juga beda, nah kalo elo salah strategi belajar kan sayang tuh, nanti bisa aja elo di UN sukses tapi pas tes masuk PTN malah gagal, elo nggak mau dong gagal di tes masuk PTN…

Jadi gini, di dalam konsep pendidikan ada 2 jenis tes besar, yang pertama adalah tes evaluasi, dan yang kedua adalah tes seleksi…

Tes evaluasi contohnya UN dan ulangan harian atau tes formatif, tes ini tujuannya adalah seberapa jauh elo udah nguasain materi yang dikasih di kelas. Jadi tujuan dari tes ini adalah seberapa jauh sih elo udah ngerti apa yang udah dijabarin sama kurikulum nasional.

Tujuan dari jenis tes evaluasi ya jelas untuk elo, guru, atau pemerintah supaya bisa mengukur seberapa sukses sih sistem pendidikan atau sistem belajar mengajar yang diterapin di sekolah-sekolah.

Nah kalo tes seleksi itu beda lagi, dari sifat dasarnya aja udah beda banget… tujuan dari tes seleksi adalah untuk menyeleksi dari sekumpulan siswa terus diambil sebagian dari siswa-siswa tersebut.

Misalnya ITB mau nerima 1000 mahasiswa dari tes USM-ITB, terus yang ikut tes 5000 siswa, berarti ITB mengadakan tes seleksi USM-ITB untuk menyaring 1000 dari 5000 siswa.

Tujuan dari tes seleksi jelas adalah untuk menyeleksi, jadi sang penyelenggara tes berhak untuk buat soal dengan kisi-kisi atau tipe apa pun yang mereka suka yang mereka anggap bisa efektif untuk dijadiin alat saringan mereka.

OK, sekarang kalo gitu apa efeknya buat elo…

Pertama…

Tes evaluasi biasanya lebih gampang dikerjain, lebih jelas cara ngerjainnya, dan udah jelas terdeskripsikan dengan baik kisi-kisi atau tipe-tipe soalnya. Jadi pelajarannya udah jelas nih, target yang harus dipelajarin juga jelas, dan biasanya nggak butuh trik-trik atau kreativitas terlalu banyak.

Nah kalo tes seleksi, karena tujuannya adalah menyeleksi maka justru soalnya bisa bervariasi macem-macem, biasanya bahannya sih lebih sedikit dari UN, tapi variasi soalnya justru bisa lebih dasyat.

Kenapa begitu? Karena mereka mau menyeleksi siswa yang cocok dengan kriteria mereka, jadi justru mereka ngga suka kalo kisi-kisi atau tipe soalnya ketawan, yang mereka cari justru siswa yang kreatif yang bisa melakukan pemecahan masalah secara seketika dengan menggunakan konsep-konsep yang udah dipelajarin sebelumnya.

Jadi tes seleksi biasanya soalnya lebih variatif (walaupun bahannya lebih terbatas), dan yang terpenting tipe soalnya menuntut lebih banyak pemikiran kreatif dan BUKAN Cuma sekedar apal rumus atau apal cara.

Kedua

Tes evaluasi itu didesain supaya elo emang bisa ngerjain, karena materinya emang udah dipelajarin. Jadi semua orang maunya elo lulus tes evaluasi, karena semua orang berkepentingan untuk ngebuat elo lulus, ya elo, ya orang-tua loe, ya guru loe, atau pun pemerintah semuanya pengen elo lulus.

Kalo tes seleksi, sesuai namanya ya pasti ada persaingan, jadi banyak orang-orang yang berkepentingan justru untuk ngebuat elo gagal, supaya mereka menang dalam bersaing…

Jadi inti dari tes seleksi adalah PERSAINGAN!! Inget ya, konsep ini penting banget untuk dimengerti bener-bener, karena kalo UN elo misalnya dapet nilai 5 itu udah lulus, di tes persaingan standard masuk atau passing gradenya bisa berubah-ubah tiap tahunnya, tergantung dari tingkat persaingan tahun itu…

Misalnya gini, dulu masuk FKUI 60% skor udah bisa diterima, tapi sekarang bisa aja naek jadi 65%.

Trus ada lagi, biasanya elo kan seneng tuh kalo soalnya yang keluar ternyata gampang, berarti elo bisa ngerjain. Tapi jangan salah, kalo soalnya gampang ya bisa aja yang laen juga bisa ngerjain, jadinya bisa aja passing grade yang tadinya 50% naek jadi 55% karena soalnya gampang.

Dengan konsep persaingan seperti ini, berarti bisa aja elo dapet nilai 70% tapi nggak dapet jurusan yang elo mau karena yang lainnya nilainya 75% semua.

OK jadi kebayang kan?

Nah untuk sementara, gue belom ngasih tips, tapi baru konsep dasarnya dulu… sering-sering dateng ke website untuk ngeliat tips2x selanjutnya atau tips2x yang dulu-dulu yaa…

Saran gue sih, kalo emang elo mau masuk, ya belajarnya mulai dari sekarang, supaya elo bisa colong start dari yang laennya, karena gini… kalo elo fokus untuk belajar SNMPTN dari sekarang nah biasanya itu ngebantu elo dalam ujian harian, ngebantu elo dalam UN, atau tes-tes lainnya, karena soal2x tipe SNMPTN jauh lebih susah dari UN.

Oh iya, elo tau dong bahwa soal2x tipe SNMPTN dan UM itu justru 60-70% adalah bahan yang diambil dari kelas 1 & kelas 2 atau bahan yang ngga pernah dipelajarin sebelumnya di SMA, jadi PENTING banget buat elo mulai nge-review semua teori-teori di kelas 1,2 atau yang belom pernah dipelajarin sebelumnya DARI SEKARANG!!! Biar ngga nyesel dan ngga telat nantinya…

Nah kalo elo butuh bantuan untuk nge-review teori, di Zenius Xpedia ada tuh sekitar 20an CD IPA dan IPS yang khusus untuk ngereview dari awal lagi teori-teori penting yang keluar di tes masuk PTN sama soal-soal dan pembahasannya untuk tiap-tiap bab supaya elo bener-bener mantep nguasain konsepnya dan jadi jago kalo soalnya nanti bervariasi.

OK dari gue sementara ini dulu ya… jangan lupa liat juga website kita http://www.zeniusmultimedia.com kalo elo mau beli CD-nya secara satuan.

Buat yang belom tau Xpedia, liat aja websitenya http://www.zeniusxpedia.com

Jangan lupa datengin http://www.zeniusxpedia.com/tipsdansoal untuk dapet soal2x gratis dan tips kayak gini yang versi mp3nya, jadi elo bisa tinggal dengerin.

4+0000VENov466ER 27,2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: